Rabu, Februari 20, 2008

LIbrarian? maksud e opo?

Baru datang,…jam 23.05

Ni ceritanya pengen mengoptimalkan fasilitas. Selama ni kan aku bisa ngenet gratis kalo pas kerja. Tapi segratis-gratisnya ya tetep terbatas, termasuk ketika aku lagi pengen nulis sumthing yang menarik…… jadi agak susah mulainya karena, harus kepotong-potong buat nglayani pelanggan. Jadinya ya kayak gini… nulis d rumah, dipostingin pas ngantor…. Heeeeeeeeeeeeeeeee, secara d rumah ga connect internet.

Baru pulang dari tempat kerja, jelas capek yang tak rasain. Tapi, perasaan lainnya yang ngikut muncul adalah lega. Bener lega banget aku dah bisa nyampe kos dengan selamat. Hari ni aku kebagian njaga perpus shift malem. Dari jam 15.00 sore nyampe jam 21.30 aku nyatetin orang yang minjem buku, menata buku ke raknya semula, ngenet d sela2 sirkulasi, minjemin kunci locker, yaah apa aja deh yang bisa dilakuin sbagai asisten librarian.

Kerja part time kayak gini ada asyiknya ada enegnya….. Asyiknya, bisa ngenet gratis,… latihan menghadapi customer dan… ngecengin peminjem yang keren heeeeee

Enegnya klo lagi kebanyakan pengunjung,….phufffh ga bisa istirahat sedikitpun…trus tambah eneg lagi klo ngliat tumpukan skripsi yang kudu d balikin di rak lagi…. Dan super eneg lagi klo ketemu temen dan ditanyain,..”gimana skripsinya? Dah nyampe mana?” parah lagi klo pertanyaannya kaya gini, “eh, mba.. ko’ masih betah aja disini.. kapan nih wisudanya? Jangan lupa lo ya traktirane nek udah lulus…” heeeeeghhhhh

Udah bikin hati "mak DEGH" minta traktiran pula!!!!!!!!

Ampun deh………!!!!

Ngomong2 soal Skripsi… aku sekarang dalam kondisi lagi parah-parahnya

Desperate student bangeth…ngajuin judul, tapi lum di respon.. klo mo nyalahin seseorang sih pengennya nyalahin Si Mpu (baca:dosen pembimbing) krn susah dihubungi. Eh, giliran bisa di hubungi, beliaunya ngomel-ngomel dengan nada yang membuat kita merasa seperti seorang kriminil pembunuh berdarah dingin…….

Ugggggggggggggggh bikin jengkel. Tapi, karena posisi mahasiswa dan sananya dosen ya.. ga bisa gmn2 pas d omeli cuma manggut2 patuh…..

Back to kerjaan….

Dulu aku sempet ngira kalo jadi librarian tuh mudah aja.. kan tinggal di catet aja tuh buku yang mo dipinjem trus pas dibalikin ya tinggal dicap “SUDAH KEMBALI” eh,,…setelah kerja selama hampir 5 bulanan aku jadi "ngeh" klo buat jadi librarian juga butuh sekolah juga. Kerjaan librarian tuh ya yang pertama klo ada buku baru, bukuna di klasifikasiin masuk jenis apa,… di subjekin biar bukunya bisa dikumpulin

sama buku sejenis,..trus nulis identitas tuh buku. Ditulis pengarangnya, judulnya penerbitnya, tahun terbit, no klasifukasi, no inventaris, barcode, wah pokoke macem2 lah..klo manusia ya semacam biodata lah. Trus abis itu di labelin biar mudah buat dikumpulin sm ‘temen2nya’ blum lagi nyatetin anggota, bikin kartu anggota, wuihh pokonya banyak lah… paling susah nglasifikasiin buku.

Nah, gara2 kerja jadi asisten librarian.. aku jadi bisa tau dikit2 ttg dunia pustaka dan perpustakaan. Lebih menghargai lagi sm profesi yang mungkin masih banyak orang nganggepnya msh profesi yang ga popular, tapi menurutku cukup menjanjikan. Di jaman dimana otak jadi lebih peka pendidikan, perpus mutlak dibutuhin,…instansi plat merah, kantor swasta, mesjid, apalagi sekolahan…dari yang PAUD mpe PT smua butuh perpustakaan thooo jadi selalu ada tempat buat pustakawannya ato librarian….

Ciaoooo librarian..

Tidak ada komentar: